03 March 2008

transjogja jalur 2

tadi naek transjogja lagi, tapi kalo kemaren cuma 3B terus karena harus ke Giwangan, tadi kebetulan naek jalur 3A,2A,2B. Naek dari bandara pake jalur 3A, trus turun di terminal concat. tujuanku adalah shuttle kentungan, kalo aku nerusin 3A, aku harus turun di shuttle depan Kalista (ringroad),jalan jauh deh, so dari concat aku naek 2A sampe terminal jombor baru naek 2B lalu turun di Shuttle kentungan, jauh..? biarin, ga keburu aja kok..hehehe..
bukan masalah naek busway yang aku pingin ceritain tapi masalah "jeroan" yang berbeda antara jalur 2 dan 3.
pas naek jalur 2A aku disambut dengan mbak2 yang harus buka pintu bis secara manual, pake tangan... usut punya usut ternyata kompresor yang tugasnya nyuplai udara agar silinder-silinder pembuka pintu bisa otomatis kebuka lagi mati..wahhh kok bisa.. "masak nanti seharian mbuka pake tangan mbak...kacian" celentukku. aku perhatikan lagi daleman bis 2A pekerjaannya ga rapi bangettt, ya ampun acak2an, cover langit2 kelipet2 dimana.. kesannya 'ngoyak setoran' asal jadi, bisa dipake, tapi joknya empuk..tebel. di sektor safety, ni dia yang salut, semua label emergency lengkap, stiker "emergency exit" ada, petunjuk tentang emrgency hammer buat mukul kaca kalo keadaan darurat juga ada, fire extinguiser ada. pas naek 2B ternyata sama dengan 2A, tapi pintunya berfungsi,tapi alamakk... pintunya lambat banget buka tutupnya.. yang design ga trial dulu ya pneumatiknya. masak buka pintunya sampe 6detik lama amatt. harusnya kan bisa di trial dulu, kalo ga salah biar bisa lambat ato cepet bisa nyetel "flow control valve"nya aku yakin device itu dipasang.
kalo bis-bis jalur 3 pake karoseri TR****Ti, hasil kerjaan Oke, finishing Oke, interior rapi banget,disamping tempat sopir ada tempat lesehan???bisa maen kartu lho(hehehe,ga tau kenapa designnya seperti itu,,aku blum nemu fungsinya, mungkin emang buat maen kartu), joknya "semi empuk", beda sama bis 2A yang empuk banget, but its oke, foamnya tipis tapi tetep nyaman, pintu pake Pneumatik dengan door cover agar penumpang tidak terganggu pintu.. pintunya buka tutupnya udah bagus ga kayak bis jalur 2. yang patut disayangkan faktor safety ga terlalu di istimewakan, emergency exit ga di kasi label, dimana letaknya, palu darurat ga dikasih tau fungsinya apa.. padahal safety kan nomer satu.
segitu dulu review subjektip banget tentang bis jalu 3 dan 2.

Penulis mengerti tentang ilmu pneumatik.

2 comments:

Anonymous said...

pneumatik..? sepertinya pernah denger,, tapi apa yak..? ductus pneumaticus.. hmm,, yah,, ginilah hasilnya kalo ndak pernah niat kuliah.. huwaa..!!

btw,, aku dong,, pernah kehabisan bis trans jogja..!! dan aku musti jalan kaki dari shuttle Santika ke Kauman..!! yang memakan waktu 30 menit lebih,, plus ujan pula.. hiks..

setyo pranoto said...

coba liat ini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Pneumatic