14 April 2008

ikut panen

hari kedua di rumah, ikut panen udang, seperti biasa cuma pake celana pendek, kaos oblong dan sandal. ya namanya juga mau ke tambak. ntah kapan terakhir kali aku ikut panen, ga pernah di rumah si.. oya, sebelumnya now im officialy live in my birth place, juwana-pati, kota seribu nyamuk, bandeng, trasi, kuningan dan banjir besar setidaknya 10 tahun sekali.

Panen kali ini agak beda dengan biasanya karena tambak yang dipanen adalah tambak yang kebanjiran bulan januari silam..bayangkan tambak yang berpetak2 itu campur baur terendam jadi satu, seperti lautan..bisa dipastikan hewan2 yang hidup di air akan bisa mendekam di petak tambak mana saja. itu juga yang terjadi pada panen kemaren. jauh sebelum banjir, tambak ini diisi bibit udang (benur) dan bibit bandeng(nener)..dengan asumsi bulan ini akan panen udang dan sekitar mei-juni tar panen bandeng. karena banjir "makhluk" yang menghuni tambak jadi bermacam-macam. yang pasti udang dan bandeng masih ada "lah" ... tapi jelas udah berkurang banyak banget.itupun ga tau udang tebaran kemaren ato kemasukan dari banjir kemaren hehehe. Kepiting... hahaha ga tau kenapa banyak kepiting ditambak, dari dulu emang tambak ada kepiting tapi abis banjir ini kepiting tambah banyak, pas di tengah tambak aku sempet nginjak satu, untungnya ga sampe digigit..dan set..set.. kepiting itu berhasil ditangkep.. oleh Juki.. bukan aku..hehehe atut kalee. ikan Patin kecil2, kalo ini ikan dengan sirip beracun, sekali kena langsung bisaperih seharian. ikan Blanak.. nah ikan ini banyak kita temui di swalayan kan..?kemaren ada banyak juga..kalo yang segar gini enak lho, kalo dah di swalayan itu beda banget taste-nya.. ada lagi ikan CUkiL ... selama dijogja aku ga pernah liat ikan ini dipasar ato swalayan..ikannya mirip Nila tapi sirip atasnya lebih besar dan tajam, agak beracun juga siripnya, dagingnya hmmm.. mantapp.. enak banget.
Sekitar jam 14.00 kami berempat (gila kita panen tambak selebar itu cuma berempat) istirahat, tadi dah bawa Nasi dari rumah, LAUKnya masak sendiri digubuk (shelter di tambak,terbuat dari bambu,dinding anyaman bambu) kan ada banyak hasil tambak. kita masak 3 kepiting, beberapa udang putih..hhmmm semua masih segar, jadi ketika masak ga dibumbuin pun rasanya enak banget pas makan. ntah kapan aku terakhir kali makan ditambak tapi masaknya juga ditambak.
Ada hal yang sedikit aneh ketika makan masakan tambak. walopun masak dengan bumbu yang sama ketika dirumah dengan ikan yang sama segarnya dengan dirumah, rasanya pasti lebih enak ditambak. sensasi makannya ga akan bisa didapat dimanapun juga.
Setelah acara Lunch selesei.. byurrr ( tambaknya lagi ga ada airnya kok) kerja lageee.. kali ini tinggal sedikit kerjaan aja. jadi setengah jam kemudian selesai. bersih2 badan, kan berlumpur.. pake sandal lagi dan brummm.. pulang.
Malemnya leherku terasa perih ga ketulungan, ternyata aku ga sadar kalo leherku yang sensitip ini (hoeekk) tadi siang kebakar..merah deh. sempet aku foto2 pas ditambak TAPI karena aku terlalu ga sabar untuk nunggu kameranya saving file jadinya file2nya korup semua.hanya satu gambar yang terselamatkan.. yaahhh.. sayang banget. tar deh kalo panen lagi aku Upload gambarnya.

2 comments:

Agung Prasetyo said...
This comment has been removed by the author.
Agung Prasetyo said...

Wuhuiiii... wis official. Eh aku njajal ki via modem hape. tapi kok kayane tetep kelarangen timbang nggo mini opera.. Lebih puas sih.. gedhe.. ning yo ngelu nang pulsa. ki jane bisa diakali dengan no cabutan. Setting hape tetep sama tinggal nonya aja ganti. 4000 dapet pulsa 10000 kalo mentari. Cuma buat ngenet kan lungmayan.