21 April 2008

tetap murah pakai GPRS

tetap murah pakai GPRS.
seorang teman pernah mengeluh "gila!!baru buka yahoo udah 10ribu..!!". Hal ini terjadi karena saat WindowsXP terhubung internet tidak hanya browser yang menggunakan internet tetapi Automatic Updates, antivirus, software yang terinstall secara spontan akan menghubungi vendornya masing-masing untuk mencari info versi/update terbaru. jadi hal ini harus di akali.
pake GPRS kalau dihitung memang mahal karena hitungannya dengan volume base itu berarti membayar sebanyak data yang di akses. pake mentari misalnya 1 kb dikenakan biaya Rp. 1,- , bayangkan kalau download sampai 5 MB, berarti 5 x 1024 = 5120 kb = Rp 5120,- belum lagi biaya akses searching dulu sebelum download.
sebenarnya ngenet pakai GPRS di PC/laptop tetap bisa murah tanpa dengan sedikit menggunakan software tambahan. prinsipnya adalah meminimalkan aliran data saat online dengan GPRS yang dilakukan software baik bawaan windows ataupun yang kita install.



hal pertama yang di lakukan adalah mematikan Automatic Updates pada windowsXP fitur ini hidup secara default jadi harus di matikan. bila tidak dimatikan maka setiap online windows akan selalu tersambung dengan microsoft untuk mendownload update yang diperlukan. cara mematikannya adalah:
klik kanan pada My Computer ->Properties -> pilih tab Automatic Updates -> dan pilih pada Turn off Automatic Updates. klik OK.

matikan internet time
klik kanan pada penunjuk waktu di ujung kanan taskbar -> Adjust Date/Time -> pilih tab Internet Time -> hilangkan centang pada "Automatically synchronize with an Internet time server" dan klik OK.

Bila kebetulan JDK (Java Development Kit) terinstall buka optionnya lewat Control Panel dan jalankan Java. hilangkan centang pada

pada antivirus yang terinstall, matikan update yang dilakukan dengan koneksi internet secara otomatis, biasanya pilihan ini ada di Option atau Preferences atau Scheduler. matikan semua yang berbau Update otomatis, Connect to internet dan lain-lain.

hal yang sama berlaku di software - software yang telah di install, biasanya secara default software ini akan mengecek update/versi terbaru lewat koneksi internet. sama seperti antivirus opsi check new version/Updates biasanya terdapat di Option atau Preferences.

Pada firefox yang sudah terinstall :
matikan update-nya dengan cara:
ke menu Tools -> Options -> pilih tab Advanced -> pilih sub tab Update -> hilangkan semau centang pada pilhan "Automatically check for updates to:" (hilangkan centang pada Firefox, Installed Add-ons, Seach Engines ) lalu klik OK

bila memungkinkan browsing-lah tanpa menampilkan Gambar pada website yang dikunjungi. agar gambar tidak ter download :
ke menu Tools -> Options -> pilih tab Content -> hilangkan centang pada "Load images automatically" lalu klik OK.

delete RSS default yang terinstall bersamaan dengan firefox, caranya :
buka firefox ke menu bookmarks -> Organize bookmarks -> delete RSS pada "Bookmarks Toolbar Folder"

download add-ons Flashblock disini. add-ons ini untuk menghindari firefox mendownload flash yang menghabiskan bandwidth juga. cara menginstall add-ons ini :
buka firefox, ke menu File -> Open file -> arahkan dimana add-ons di simpan lalu klik OK. proses install add-ons berlangsung otomatis. add-ons akan bekerja bila firefox di restart ( tutup firefox dan buka kembali).

untuk mengecek apakah masih ada aliran data masih terjadi selain yang di pakai untuk browsing lakukan langkah berikut :
lakukan koneksi GPRS di PC/laptop seperti biasa. pada sudut kanan taskbar akan terlihat ikon dua komputer berkedip-kedip, klik kanan pada ikon itu -> status , lihat angka-angka yang terus bertambah, bila tidak sedang browsing harusnya angka-angka itu berhenti, yang berarti tidak ada aliran data. bila angka -angka itu masih terus bertambah padahal tidak sedang browsing/download berarti ada software yang masih mengakses internet, periksa lagi options - options pada software barangkali ada yang terlupakan.



selamat ber-GPRS murah